Ada 6.000 Pembersih Sampah Tahun Baru

Posted on January 1, 2011

1


Tempat sampah raksasa di Ancol (situs pemprov dki)

VIVAnews – Pemerintah DKI Jakarta Telah mengantisipasi menumpuknya sampah setelah perayaan malam tahun baru 2011. Pemprov DKI telah menyiapkan sejumlah anggota kebersihan.

“Jadi saya sudah siapkan pasukan untuk itu ya,” kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, saat perayaan malam tahun baru di Pantai Carnival, Ancol, Jakarta, Sabtu 1 Januari 2011.

Foke: Ada 6.000 Pembersih Sampah Tahun Baru
Mereka langsung bekerja dari dini hari ini membersihkan sampah
Sabtu, 1 Januari 2011, 02:23 WIB

Arfi Bambani Amri, Eko Huda S, Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews – Pemerintah DKI Jakarta Telah mengantisipasi menumpuknya sampah setelah perayaan malam tahun baru 2011. Pemprov DKI telah menyiapkan sejumlah anggota kebersihan.

“Jadi saya sudah siapkan pasukan untuk itu ya,” kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, saat perayaan malam tahun baru di Pantai Carnival,

Lantas, berapa pasukan kebersihan yang akan dikerahkan oleh pemerintah DKI tersebut? “Sekitar 5.000-an, terdiri dari petugas yang langsung dipekerjakan dari dinas atau dari perusahaan yang dikontrak oleh outsource,” kata Foke.

Menurut  Foke, pasukan kebersihan itu telah mengikuti apel siaga kemarin. “Mereka siap bekerja begitu mereka selesai acara ini, jam 3 pagi atau jam empat pagi mereka mulai bekerja,” kata dia.

Foke pun berjanji akan memantau langsung proses pembersihan sampah sisa perayaan tahun baru ini. “Saya pun besok jam 6 atau jam tujuh, akan keliling untuk memeriksa itu sendiri,” kata dia.

“Saya tentu berharap nomor satu agar warga Jakarta atau siapapun yang ada di Ibu Kota Jakarta saat ini ikut membantu kami. Pertama, dari diri masing-masing untuk mengamankan Ibu Kota. Selain itu mengurangi beban sampah di ibu kota. Jadi saya harap buanglah sampah pada tempatnya. Sehingga kita ngangkutnya lebih cepet dan lebih efisien.”

Dinas Kebersihan DKI Jakarta siagakan sebanyak 6.000 petugas di beberapa titik perayaan Tahun Baru seperti Monas, Ancol, TMII, dan Bunderan HI. Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Eko Bharuna mengatakan jumlah petugas yang disiapkan sebanyak 3.600 orang dan akan ditempatkan di seluruh titik keramaian di DKI Jakarta.

“Sementara untuk di Monas, Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), jumlah petugas yang disiapkan sebanyak 1.700 orang,” katanya.

Khusus untuk Ring I (sekitar Istana Negara), kata Eko, disiapkan sweeper (tukang sapu jalan) sebanyak 14 orang. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan sebanyak 457 kendaraan untuk mengangkut sampah yang terdiri dari truk sampah, gerobak motor, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, pihaknya juga akan menyiapkan sebanyak 12 mobil toilet di seluruh titik keramaian, 122 tempat sampah tambahan, dan 9.296 kantong plastik sampah.

Ia menjelaskan, setiap pergantian tahun pihaknya mengalami kendala banyaknya warga yang menggelar pesta hingga pagi. Untuk itu, ia berharap agar masyarakat tidak merayakan malam Tahun Baru hingga pagi hari dan dapat menjaga kebersihan. “Karena, paling lambat jam 07.00 sampah itu sudah harus bersih dan diangkut,” kata Eko.

• VIVAnews

Posted in: Berita