MU rekrut Pebola Tuna Wisma

Posted on September 22, 2010

0







Sir Alex Ferguson kembali membuat kejutan saat merekrut pemain anyar yang hampir tak terdengar namanya selama ini. Dialah Bebe, pebola tunawisma yang baru berusia 20 tahun.

Yang membuat fans Manchester United kembali terkejut, Iblis Merah harus mengeluarkan uang sebesar 7,4 juta poundsterling untuk striker tak dikenal ini. Bebe sebelumnya bermain untuk klub divisi 3 Portugal sebelum bergabung dengan Vitoria Guimaraes.

“Saya sangat bahagia. Saya telah memimpikan bermain di sebuah klub besar. Mimpi itu menjadi kenyataan,” ujar Bebe usai resmi menjadi pemain MU.

Sebenarnya, bukan hanya MU yang mengincar Bebe. Mata-mata Real Madrid juga telah mengendus talenta muda yang dimiliki Portugal ini. Namun, Ferguson punya keuntungan dengan keberadaan Carlos Queiroz.

Nah, tentu masih banyak yang belum mengetahui asal-usul dan siapa sebenarnya sosok Bebe itu sehingga mampu memaksa Ferguson mengeluarkan uang yang tak sedikit. Berikut fakta Bebe yang dihimpun Daily Mail:

Bebe, bukan nama sesungguhnya bukan?
Tentu. Nama aslinya Tiago Manuel Dias Correia. Panggilan itu diberikan oleh saudara tuanya. Ia lahir di dekat Cacem di mana orang tuanya berasal dari Cape Verde, tempat asal rekan setimnya Luis Nani. Namun, Bebe besar di
sebuah panti asuhan.

Bagaimana Bebe menjadi pebola?
Dia belajar bermain di jalanan kumuh Portugal. Bakatnya mulai terasah setelah ia dimasukkan tim junior Loures oleh Estrela da Amadora, tim divisi 3 Portugal. Namun, MU mendapatkan Bebe setelah ia baru saja bergabung dengan Vitoria Guimaraes yang sebelumnya mendapatkan Bebe dengan status gratis.

Apakah dia tampil di Piala Dunia tuna wisma dengan baik?
Sebenarnya tidak. Bebe tidak mampu memperkuat timnas Portugal karena saat itu tidak lagi mungkin dilakukan perubahan. Bebe tampil mempesona bersama organisasi tuna wisma CAIS di European Street Football Festival di Bosnia tahun lalu. Saat itu, ia mencetak 40 gol di enam pertandingan. Jumlah itu lebih banyak dari jumlah gol gabungan tim peserta sekalipun.

Bagaimana Ferguson mendapatkan Bebe?
Mantan asisten Fergie di MU yang sekarang menukangi tim nasional Portugal, Carlos Queiroz menjadi otak dari segalanya. Ferguson yang tak pernah bertemu dengan Bebe sangat yakin dengan rekomendasi Queiroz. Tak salah jika perekrutan Bebe sebagai perjudian Fergie.

Apa kelebihan Bebe?
Dia kabarnya mempunyai kecepatan dengan kemampuan komplet dan kaki kanan yang mengagumkan. Bebe juga dikenal jago udara. Seperti seniornya Ronaldo, Bebe yang berposisi sebagai striker juga bisa bermain di segala posisi baik sebagai gelandang kanan, kiri, tengah, atau second striker.
Tak heran mantan pelatihnya di Estrela da Amadora, Jorge Paixao, memuji dirinya sebagai buah dari sepakbola jalanan. Paixao kagum dengan kreativitas, ketidaksopanan dan hal-hal yang membuat perbedaan dari sosok Bebe.

Siapa Bebe? Banyak yang tidak tahu. Maka itu MU The Offside mengumpulkan lima fakta soal pemain berambut gimbal ini.

1.Nama asli Bebe adalah Tiago Manuel Dias Correia. Lahir 12 Juli 1990 di Agualva-Cacem, Portugal.
2.Bebe dibesarkan di rumah yatim piatu. Menjadikan Bebe sebagai satu-satunya pemain MU yang akan berlaga di Homeless World Cup. Turnamen ini diisi oleh pemain yatim piatu.
3.Untuk pemain yang belum dikenal, MU membeli Bebe dari Vitoria de Guimaraes dengan harga cukup tinggi, £7,4 juta. Padahal Vitoria sendiri hanya bisa finish di peringkat enam Liga Portugal musim lalu.
4.Nama Bebe direkomendasikan oleh mantan asisten Fergie, Carlos Queiroz.
5.Bebe sama sekali tidak terlibat dengan film kartun yang dirilis pada 1992, Bebe’s Kids.

Posted in: Olahraga