Iran Bebaskan Tahanan Wanita Amerika

Posted on September 16, 2010

0


Sarah Shourd (tengah)

Artikel Terkait

Liputan6.com, Muscat: Pendaki Amerika Sarah Shourd, dibebaskan oleh pemerintah Iran setelah lebih dari 13 bulan dalam tahanan. Sarah tiba di Muscat, Selasa (14/90, kedatangannya disambut oleh Ibunya Nora, paman dan duta besar AS untuk Oman, Richard Schmierer. Sarah tiba dengan satu penerbangan khusus, jelas seorang pejabat Oman.

Duta besar Swiss untuk Iran, Livia Leu Agosti, mengatakan pada AFP sebelumnya pada Selasa bahwa Shourd telah dibebaskan. Shourd, 32, ditangkap bersama dengan dua pendaki rekannya, Shane Bauer dan Josh Fattal pada 31 Juli 2009 setelah tersasar ke Iran dari Irak. Pemerintah Iran menuduh ketiga orang Amerika itu telah melakukan “mata-mata dan masuk secara tidak sah ke negara itu”.

Ketiganya membantah tuduhan itu, bersikeras bahwa mereka telah dengan salah masuk Iran setelah tersesat saat jalan-jalan di Kurdistan Irak. Shourd dibebaskan dengan uang jaminan sekitar 500.000 dolar AS, yang dibayar di Oman, di Bank Melli milik negara Iran, lapor Press TV berbahasa Inggris Iran, mengutip penuntut Teheran Abbas Jafari Dolatabadi.(AFP/Ant)

Posted in: Politik