Gosip Artis, Joshua yang non muslim rela belajar mengaji demi memenuhi tuntuan main film Sang Pencerah

Posted on September 8, 2010

1


Gosip Artis, Joshua yang non muslim rela belajar mengaji demi memenuhi tuntuan main film Sang Pencerah, KH Ahmad Dahlan.

“Aku jadi murid dari Ahmad Dahlan yang nge-fans sama guru, murid yang paling nyeleneh. Tapi tetap apa adanya, ” ungkap Joshua Jakarta Pusat.
Lebih dari itu, Joshua yang mengaku total berakting, mau belajar mengaji demi perannya meskipun ia beragama Kristen.
“Ya, sama Mas Hanung dikasih guru ngaji, karena ada adegan ngaji. Saya sih nggak keberatan dan tersinggung karena nggak dosa juga, masa berlajar ngaji dosa?” paparnya.
Tak takut dengan anggapan negatif orang?”Ini ya cuma peran aja. Walaupun saya nonmuslim yang penting saling menghargai saja,” paparnya.

Film yang mengangkat sejarah ini di garap oleh sutradara Hanung Bramantyo dengan Modal Rp12 miliar, meskipun sesungguhnya Hanung butuh Rp24 miliar

“Di sini kita membuat film pada 1980-an. Film ini tidak ada horor, tidak ada satu pun percintaan. Bagi saya film ini sangat susah untuk digarap karena ini berkaitan dengan sejarah,” katanya.

Hanung menambahkan, “Idenya muncul pada saat saya SMA, dan memilih KH Ahmad Dahlan pun karena beliau dulu tetangga saya, dan di rumah tersebut ada langgarnya dan itu tempat saya main bola. Ketika saya jadi sutradara saya pengen buat film ini, tapi banyak sekali yang nolak.”

Alasan lainnya, Hanung ingin menyampaikan pesan agama melalui film terbarunya ini. Itu sesuai pesan ibundanya. “Ibu saya berpesan pada saya, kalau kamu jadi sutradara, buatlah film agama. Dan setelah saya buat Ayat-Ayat Cinta, barulah saya membuka sayap,” katanya.

Beruntung, Hanung bertemu dengan orang India. Ia senang semua dana fillmnya tertutupi.

“Dalam membuat film ini saya butuh dana Rp10 miliar – Rp12 miliar. Itu dana yang saya butuhkan untuk membuat film ini. Dana ini ternyata tidak besar, sebab sesungguhnya saya butuh Rp24 miliar karena untuk mengembalikan faktor tempat sejarah di zaman dulu karena itu tidak murah,” paparnya.

Film Sang Pencerah, dari Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan akan dibintangi Zaskia Mecca, Giring ‘Nidji’, Joshua Suherman, dll.