Para Penyanyi lip sync yang bikin heboh

Posted on September 5, 2010

0


Penyanyi lip sync adalah “penyanyi” yang berakting seolah-olah menyanyikan sebuah lagu, namun lagu yang diperdengarkan, adalah lagu yang dinyanyikan oleh orang lain. Dalam artikel ini kami kemukakan 3 kelompok penyanyi lip sync yang bikin heboh dunia, yaitu kelompok Jojo-Sinta, kelompok Moymoy Palaboy, dan kelompok Milli Vanilli.

1. Sepasang mojang Bandung, Jojo dan Sinta, akhir-akhir ini menjadi beken, setelah mereka berakting seolah-olah menyanyikan lagu dangdut “Keong Racun” yang ditayangkan di situs You Tube (sampai tanggal 1 Agustus 2010 jumlah pemirsa telah mencapai 1.899.867). Penyanyi sebenarnya lagu Keong Racun tersebut adalah Lisa, sedangkan pencipta lagu Keong Racun adalah Buy Akur.

Di situs jaring sosial Twitter, mereka menjadi topik yang paling banyak diperbincangkan pekan ini, setidaknya sampai Kamis lalu (29 Juli 2010). “Pengguna Twitter sedang tergila-gila dengan video youtube tentang dua gadis remaja yang bernyanyi lip sync Keong Racun,” tulis pojok gadget dan teknologi situs koran Inggris, The Independent.
Jojo dan Sinta, penyanyi lip sync lagu “Keong Racun”
Lisa, penyanyi asli lagu “Keong Racun”
Buy Akur, pencipta lagu “Keong Racun”

2. Ada juga penyanyi lip sync lain yang menjadi terkenal seperti Jojo dan Shinta. Sepasang kakak beradik asal Filipina, Ronald Obeso dan Rodfil Obeso, awalnya iseng mengunggah video mereka bernyanyi lip sync yang diambil dengan webcam laptop atau kamera telepon genggam ke situs You Tube, mereka mengusung nama Moymoy Palaboy. Ternyata, tingkah mereka yang sangat kocak mengundang perhatian publik maya dari berbagai negara. Salah satu video mereka ketika “menirukan” lagu Marimar, soundtrack telenovela Meksiko yang pernah popuer di Indonesia. Dalam setahun sudah menembus 5 juta pemirsa dan sampai tanggal 1 Agustus 2010 telah mencapai 13.706.191 pemirsa. (Sumber: Harian Republika).
James Ronald Obeso (kiri) dan Rodfil Obeso Macasero (kanan).
3. Di era tahun 1980-an, grup “penyanyi” Milli Vanilli sempat ngetop dengan “menyanyikan lagu-lagunya”, namun akhirnya ketahuan bahwa mereka ternyata hanyalah “penyanyi lip sync”, berakting menyanyikan lagu dengan meminjam suara orang lain ! Milli Vanilli adalah kelompok musik pop dan penari keturunan Jerman-Amerika yang dibentuk oleh Frank Farian di Jerman pada 1988, beranggotakan Fab Morvan (lahir 14 Mei 1966) dan Rob Pilatus (8 Juni 1965 – 2 April 1998). Album perdana mereka terjual sangat laris dan mereka dianugerahi Grammy award untuk Best New Artist pada 1990. Namun ternyata bahwa mereka tidak benar-benar menyanyi (hanya sebagai penyanyi lip sync) dalam rekaman tersebut, hal ini akhirnya menjadi skandal yang menghebohkan dunia.

Penyanyi sebenarnya dalam kelompok Milli Vanilli adalah Charles Shaw, John Davis, dan Brad Howel. Namun Farian memilih Fab Morvan dan Rob Pilatus untuk tampil pada video klip musiknya, karena Farian merasa bahwa ketiga musisi tersebut (Charles Shaw, John Davis, dan Brad Howel) walaupun berbakat menyanyi namun “tampangnya” kurang dapat dijual. Album pertama Milli Vanilli adalah All or Nothing (1988). Walau tidak dipuji oleh para kritikus, ketenaran Milli Vanilli mulai menyebar di seluruh dunia. Album ini diremix dan diberi judul baru Girl You Know It’a Yrue untuk peredaran di Amerika Serikat, dan menghasilkan 4 hit single: All or Nothing, Girl I’m Gonna Miss You, Baby Don’t Forget My Number dan Blame It On The Rain. Milli Vanilli memenangkan Grammy Award untuk Best New Artist pada 22 Februari 1990 untuk Girl You Know It’s True.

Pada akhirnya Farian terpaksa membeberkan rahasia tersebut, karena Morvan dan Pilatus tidak mau mempromosikan album kedua mereka. Sampul album kedua ini kemudian diubah dan menampilkan para penyanyi aslinya (Charles Shaw, John Davis, dan Brad Howel), dan judulnya diubah dari Keep on Running menjadi The Real Milli Vanilli, dan kemudian menjadi The Moment of Truth. Tiga single dikeluarkan, Keep On Running, Nice ‘n Easy dan Too Late (True Love). Atas tekanan media massa AS, Grammy Award yang dimenangkan oleh Milli Vanilli tersebut akhirnya ditarik kembali 4 hari kemudian. (Sumber: Wikipedia).


Panyanyi “lip sync” Milli Vanilli, Rob Pilatus (kiri) dan Fab Morvan (kanan), muncul pada album pertama.
Penyanyi asli Milli Vanilli, muncul pada album kedua.