Palung Mariana

Posted on September 2, 2010

0


Mungkin sobat akan bertanya-tanya, apa gerangan Palung Mariana itu. Palung Mariana yang merupakan lokasi terdalam di dunia menyimpan sejuta misteri. Termasuk makhluk-makhluk unik yang dapat bertahan dalam kondisi ekstrim di laut terdalam.

Palung Mariana terletak di Samudera Pasifik, sebelah timur Kepulauan Mariana, tepatnya dengan koordinat 11° 21′ Utara latitude dan 142° 12′ Timur longitude, juga dekat Jepang. Palung Mariana merupakan bagian terdalam dari laut di dunia, sekaligus merupakan lokasi yang terdalam di dunia.

skala2

Kedalaman palung Mariana sendiri adalah 11.033 meter atau sekitar 11 kilometer, sementara tekanan di bagian terdalam palung tersebut mencapai 8 ton per inci persegi atau akan membuat badan manusia pecah tak berbentuk. Sementara itu, panjang palung Mariana adalah sebesar 2,542 km dengan lebar 69 km. Sungguh mengerikan ya.. Dua gambar ini adalah ilustrasi kedalaman Palung Mariana, dengan lekuk tebing dan kedalaman yang ekstrem.

skala2
skala2
Kedalaman laut dengan tekanan luar biasa tinggi ini awalnya dianggap hanya dihuni oleh spesies primitif, namun penemuan belakangan ini menunjukkan bahwa di dalam laut terdalam terdapat banyak spesies yang bahkan belum bisa diidentifikasi. Beberapa merupakan makhluk yang ukurannya kecil, namun mereka bisa bertahan dalam kondisi lingkungan yang paling ekstrim.

Berikut ini adalah gambar-gambar dari makhluk unik penghuni palung Mariana.